Tie-Tie (tripeneustes gratilla) atau Lobo makhluk berduri dengan banyak maanfat


Tie -Tie( tripeneustes gratilla)tau Lobo mahkluk berduri dengan banyak manfaat

Foto Lobo/tie-Tie

Oleh :Albert Witak


   Tahukah anda dengan jenis hewan dibawah ini ??
Salah Satu bahan Makanan yang SANGAT MAHAL HARGANYA DI LUAR NEGERI terutama Di JEPANG.
Memiliki harga ekonomis yang tinggi membuat Tie Tie banyak di buru orang.



  Hewan tersebut tidak asing bagi masyarakat yang dekat dengan daerah pantai/laut . Di kampung (daerah Ile ape Utara,Lembata,NTT) kami sering memakan hewan tersebut. Namun Kebanyakan masyarakat tak tahu banyak tentang hewan tersebut !

Ya,Di Ile ape utara, hewan ini dikenal dengan nama (lobo) kumpulan dari beberapa gonad kami menamakannya LOBO . Hewan ini dikenal dengan sebutan Landak Laut/Sea urchin atau dengan nama Ilmiahnya (Tripneustes gratilla) . Hewan ini termasuk dalam Filum Echinodermata (Binatang berkulit duri) dan termasuk kelompok Echinoidea yg mmiliki ciri umum tidak mempunyai lengan bebas, namun hampir seluruh tubuhx mengandung duri yang dapat digerakkan.

Hewan ini sering ditemukn di zona Lamun maupun karang . Biota ini memanfaatkan lamun/rumput laut/pama dan juga alga sebagai sumber makanannya. hewan ini mempunyai alat yang disebut lentera Aristoteles, yng berfungsi sebagai rahang dan gigi.

Hewan ini sangat mudah dijumpai di kampung saya dan bertebaran di jika di laut surut, dan menjadi salah satu bahan makanan yang sangat lezat, baik itu dibakar terlebih dahulu,di siram dengan air panas maupun dimakan secara langsung tanpa dibakar. Yaa..sesuai selera hahaa..
Apanya yang dimakan ?
Yang dimakan adalah Gonadnya. Jika kita membelah hewan ini akan tampak gonadnya/telurnya yang berwarna kuning terang/ orange (terlampir digambar) yg memiliki rasa yang sangat luar biasa lezatnya. Namun tidak semua gonad yg ditemukan berwarna Kuning . KENAPA  ? karena Gonad tersebut belum Matang sehingga tampak agak berwarna putih.

Gonad  ini memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi . Dan Sudah jelas bahwa yang paling tinggi kandungan gizinya adalah gonad yang berwarna kuning cerah/orange. Lee dan Hard (1982) dalam Azis (1995)diacu dari Ratna (2002) melaporkan bahwa dari analisis protein hewan tersebut tenyata didalamnya terkandung sktr 28 macam asam amino dan maya akan vitamin B kompleks, vitamin A, asam lemak essensial dan non essensial dan mineral yang tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh manusia.

Asam-asam amino essensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis di dalam tubuh manusia dan untuk mencukupi kebutuhan asam amino tersebut harus dimasukkan ke dalam tubuh melalui makanan. Sedangkan asam amino non essensial dapat disintesis dari asam amino yang lain atau dari asam keto secara aminasi di dalam tubuh manusia.
Lobo atau TIE TIE (Tripneustes gratilla ) mengandung  lima asam lemak jenuh, yakni miristat, pentadekanoat, palmitat, stearat dan arakhidat dan dua asam lemak tak jenuh tunggal yaitu asam palmetoleat dan asam oleat. Kelima asam lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol serum dan kadar lipoprotein LDL sedangkan kedua asam lemak tak jenuh tunggal tergolong netral, yakni tidak jahat dan tidak pula bersifat menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Jenis asam lemak ini tidak menyebabkan darah menjadi lengket. Selain itu ginad (TIE TIE) juga mengandung asam lemak tak jenuh jamak, yaitu linolenat (omega-3). Dari segi gizi asam palmitat merupakan sumber kalori penting namun memiliki daya antioksidasi yang rendah
Asam linolenat merupakan asam lemak yg baik untuk tubuh dan sangat berguna bagi kesehatan, merupakan asam lemak tidak jenuh dengan tiga ikatan ganda menurunkan kolesterol serum serta LDL serta menyebabkan darah menjadi kurang lengket. Salah satu isomer asam linolenat, asam α-linolenat (ALA), adalah asam lemak Omega-3 yang dikenal memiliki khasiat lebih daripada asam-asam lemak lain, khususnya dalam mencegah rusaknya membran sel. Karena asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia, meningkatkan kualitas otak, meningkatkan daya memori,  mencegah penyakit jantung, menjaga kualitas mata, mengurangi depresi, mengurangi terjadinya pembekuan darah yg bisa berakibat stroke, meningkatkan fisik dan mental janin bagi wanita hamil, mengurangi tingkat prostaglandin yg memicu rasa nyeri saat haid,  mencegah penyakit Alzheimer dan masih banyak manfaatnya.

Jadi,Mari kita makan TIE TIE ... enak , gurih dan kaya akan Gizi..
SEMOGA BERMANFAAT ...
#Tripneustes gratilla ..
#TieTie atau bahasa Lamaholot LOBO



Comments

Popular posts from this blog

Kamus Bahasa Lamaholot dan Artinya.

LEWOTANA ADALAH KEYAKINAN LAMAHOLOT YANG HAMPIR DI LUPAKAN

SEJARAH KAMPUNG LEWOHALA DAN RIANG EBAK